Anggaran, Perencanaan dan Pengendalian

2.1  Anggaran, Perencnaan dan Pengendalian
Anggaran adalah suatu alat perencanaan dan pengendalian yang efektif di dalam organisasi, yang bersifat jangka pendek biasanya mencakup periode satu tahun (Anthony dan Govindarajan, 1998:360). Sedangkan Supriyono (1987) mengungkapkan bahwa anggaran adalah suatu rencana terinci yang dinyatakan secara formal dalam ukuran kuantitatif untuk menunjukkan bagaimana sumber sumber akan diperoleh dan akan digunakan selama jangka waktu tertentu, umumnya satu tahun. Kegiatan penyusunan anggaran ini dinamakan penganggaran.
Anggaran memiliki dua peran penting di dalam sebuah organisasi, yaitu pertama berperan sebagai alat perencanaan dan kedua berperan sebagai alat pengendalian. Sebagai sebuah rencana tindakan, anggaran dapat digunakan sebagai alat untuk mengendalikan kegian organisasi atau unit organisasi dengan cara membandingkan hasil yang sesungguhnya yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan. Jika hasil yang sesungguhnya yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan. Jika hasil sesungguhnya berbeda secara signifikan dari rencana, tindakan tertentu harus diambil untuk melakukan revisi yang perlu terhadap rencana.
Perencanaan dan pengendalian mempunyai hubungan yang sangat erat. Perencanaan adalah pandangan ke depan untuk melihat tindakan apa yang seharusnya dilakukan. Pengendalian adalah melihat kebelakang, menentukan apakah yang sebenarnya terjadi, dan membandingkan dengan hasil yang direncanakan sebelumnya.
Kompenen kunci dari perencanaan adalah :
1.      Anggaran, rencana keuangan untuk melihat masa depan.
2.      Rencana Strategis, mengidentifikasi strategi – strategi untuk aktivitas dan operasi di masa depan, setidaknya lima tahun ke depan.
Adapun bagan hubungan antara anggaran, perencanaan, dan pengendalian, sebagai berikut:

Lengkapnya silahkan download disini 


Semoga Bermanfaat
Indahnya Berbagi
:)

No comments:

Post a Comment

KEBIJAKAN EKSPOR-IMPOR DI INDONESIA

KEBIJAKAN EKSPOR-IMPOR DI INDONESIA Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “ PEREKONOMIAN INDONESIA ” Dosen ...

The Popular Posts